Answered step by step
Verified Expert Solution
Link Copied!

Question

1 Approved Answer

1. Jelaskan! pengertian pajak dan aplikasi dari definisi tersebut sistem perpajakan di Indonesia! pengertian penghasilan dalam UU Pajak penghasilan dengan menjelaskan empat elemen kunci dalam

1. Jelaskan!

pengertian pajak dan aplikasi dari definisi tersebut sistem perpajakan di Indonesia!

pengertian "penghasilan" dalam UU Pajak penghasilan dengan menjelaskan empat elemen kunci dalam pengertian tersebut dan aplikasinya sistem perpajakan!

2. Adam Smith menyebutkan ada empat hal yang dikenal dengan four maxim, yang harus diperhatikan dalam mengembangkan sistem perpajakan dalam satu negara. Jelaskan keempat hal tersebut beserta aplikasinya di Indonesia!

3. Pengenaan pajak didasarkan pada stelsel riil, fiktif dan campuran. Jelaskan pengertian ketiga stelsel tersebut dan aplikasinya dalam penyelesaian kewajiban pajak!

4. Jelaskan bagaimana perlakuan pajak atas iuran pensiun dan asuransi dari sisi individu, perusahaan asuransi / dana pernsiun dan perusahaan yang memberikan tunjangan pensiun atau asuransi atas karyawannya atau perusahaan yang membayar asuransi atas risiko kerugian perusahaan?

5. Pak Andi memiliki usaha sendiri. Pendapatan dari usahanya terdiri dari penghasilan yang dikenakan pajak final, penghasilan yang dikenakan pajak tidak final dan bukan obyek penghasilan. Jelaskan bagaimana Pak Andi menghitung penghasilan kena pajak atas usahanya tersebut?

6. Jelaskan bagaimana pemajakan atas usaha kecil dengan omset kurang dari Rp 4.800.000.000 per tahun. Jelaskan keuntungan dan kerugian kebijakan pepajakan ini dilihat dari sudut pandang fiskus dan wajib pajak?

7. Jelaskan insentif yang diberikan pemerintah kepada perusahaan untuk melakukan Revaluasi sesuai dengan ketentuan dalam PMK 191 tahun 2015. Jelaskan apakah perbedaan Revaluasi untuk tujuan pajak (tax only) serta untuk tujuan pajak dan akuntansi (tax and accounting). Apakah jika menggunakan ketentuan Revaluasi dalam PMK 79 tahun 2007 perusahaan dapat memperoleh manfaat?

8. Sebuah BUT menyelenggarakan jasa konsultasi manajemen di Indonesia. Pada tahun 2016 ada dua perusahaan di Indonesia menantangani kontrak konsultasi manajemen langsung dengan kantor pusat BUT tersebut di USA. Setiap tahun kantor pusat juga membebankan biaya ke semua perwakilannya.Jelaskan bagaimana BUT tersebut menghitung kewajiban pajak atas penghasilannya? Bagaimana dengan pemajakan atas laba setelah pajak yang diperoleh BUT ketika ditransfer ke pemilik BUT di luar negeri?

Step by Step Solution

There are 3 Steps involved in it

Step: 1

blur-text-image

Get Instant Access to Expert-Tailored Solutions

See step-by-step solutions with expert insights and AI powered tools for academic success

Step: 2

blur-text-image

Step: 3

blur-text-image

Ace Your Homework with AI

Get the answers you need in no time with our AI-driven, step-by-step assistance

Get Started

Recommended Textbook for

Horngrens Cost Accounting A Managerial Emphasis

Authors: Srikant M. Datar, Madhav V. Rajan, Louis Beaubien

8th Canadian Edition

134453735, 9780134824680, 134824687, 9780134733081 , 978-0134453736

More Books

Students also viewed these Accounting questions

Question

What is the formula to calculate the mth Fibonacci number?

Answered: 1 week ago