Answered step by step
Verified Expert Solution
Link Copied!

Question

1 Approved Answer

Cantik Manis mengajukan cerai gugat terhadap Hitam Pekat di Pengadilan Negeri Medan, dengan alasan ketentraman rumah tangga antara Cantik Manis dan Hitam Pekat mulai goyah

Cantik Manis mengajukan cerai gugat terhadap Hitam Pekat di Pengadilan Negeri Medan, dengan alasan ketentraman rumah tangga antara Cantik Manis dan Hitam Pekat mulai goyah akibat perselisihan dan pertengkaran yang terus menerus terjadi. Perselisihan dan pertengkaran tersebut disebabkan oleh perselingkuhan Hitam Pekat dengan wanita idaman lain (WIL), bahkan Hitam Pekat telah menikah dengan WIL tersebut. Cantik Manis dalam gugatannya mengajukan dua alat bukti tulisan dan dua alat bukti saksi. Salah satu saksi Cantik Manis (Angin Sepoi) adalah kakak ipar Cantik Manis. Kesaksian Angin Sepoi menerangkan bahwa ia tidak pernah melihat secara langsung pertengkaran antara Cantik Manis dengan Hitam Pekat. Angin Sepoi mengetahui pertengkaran tersebut dari cerita Cantik Manis dan beberapa tetangga dekat Cantik Manis bahwa di antara Cantik Manis dengan Hitam Pekat telah terjadi perselisihan dan pertengkaran disebabkan Hitam Pekat menjalin hubungan dengan WIL bahkan telah menikah dengan wanita tersebut, selain itu Angin Sepoi melihat langsung bahwa Cantik Manis dan Hitam Pekat telah pisah tempat tinggal sejak lebih dari setahun lalu dan sampai sekarang tidak pernah hidup bersama lagi. Hitam pekat juga mengakui bahwa ia telah menikah dengan WIL. Majelis Hakim berpendapat bahwa keterangan Angin Sepoi merupakan testimonium de auditu. Tidak digunakan sebagai alat bukti langsung, tetapi kesaksian de auditu tersebut dikonstruksikan sebagai alat bukti persangkaan dengan pertimbangan yang objektif dan rasional, maka Majelis Hakim mengabulkan gugatan Cantik Manis.

Pertanyaan :

1. Mengapa keterangan Angin Sepoi dikualifikasi sebagai testimonium de auditu? Jelaskan.

2. Silakan berikan analisis Saudara, mengapa testimonium de auditu tidak memiliki nilai pembuktian?

3. Silakan dianalisis bahwa putusan hakim yang mengabulkan gugatan cerai Cantik Manis telah dipertimbangkan secara objektif dan rasional berdasakan alat bukti persangkaan yang dikonstruksikan dari kesaksian de auditu tersebut.

Step by Step Solution

There are 3 Steps involved in it

Step: 1

blur-text-image

Get Instant Access to Expert-Tailored Solutions

See step-by-step solutions with expert insights and AI powered tools for academic success

Step: 2

blur-text-image

Step: 3

blur-text-image

Ace Your Homework with AI

Get the answers you need in no time with our AI-driven, step-by-step assistance

Get Started

Recommended Textbook for

Land Law

Authors: Mark Davys

11th Edition

1352005190, 978-1352005196

More Books

Students also viewed these Law questions

Question

What are your options besides a rote memory approach?

Answered: 1 week ago

Question

Peoples understanding of what is being said

Answered: 1 week ago