Answered step by step
Verified Expert Solution
Link Copied!

Question

1 Approved Answer

Milea, Mojang Bandung Penggemar Kudapan Manis* Milea,19tahun,adalahgadisasalBandungyangtinggaldidaerahBuahBatubersamadengan keduaorangtuadanadiknya.SaatiniMileatengahmenempuhpendidikandiprogramTeknik Industri Institut Teknologi Nasional, Bandung. Milea sangat menggemari makanan-makanan manis. Minimal 2 s/d 3 kali dalam seminggu

Milea, Mojang Bandung Penggemar Kudapan Manis*

Milea,19tahun,adalahgadisasalBandungyangtinggaldidaerahBuahBatubersamadengan keduaorangtuadanadiknya.SaatiniMileatengahmenempuhpendidikandiprogramTeknik Industri Institut Teknologi Nasional, Bandung.

Milea sangat menggemari makanan-makanan manis. Minimal 2 s/d 3 kali dalam seminggu setelah kuliah, sebelum pulang Milea selalu menyempatkan diri mampir di Restoran "Sweet n' Fresh" sendirian atau bersama dengan teman kuliahnya.

Restoran Sweet n' Fresh yang telah beroperasi selama 1,5 tahun khusus menyajikan dessert (makananpencucimulut)danmakanan-makananmanislainnya.Adapunproduk-produkyang ditawarkan antara lain seperti Es Campur, Es Alpukat, Es Teler, Es Durian, Es Doger, Es Buah, Es Merah Delima, milk shake, roti bakar keju/cokelat, kue cubit, dll.

Restoran ini merupakan usaha patungan dari 3 orang sahabat, yaitu Anton, Bona dan Dyah. Ketiganya bertemu saat menempuh pendidikan Master of Business of Administration di Institut Teknologi Bandung. Setelah tamat, ketiganya memutuskan untuk berbisnis bersama dan sepakat membentuk sebuah firma untuk menjalankan usaha restorannya.

Hampir seluruh makanan yang ditawarkan oleh Sweet n' Fresh menggunakan susu kental manis. Sweetn'Freshselalumenggunakansusukentalmanismerek"FrisianFlag",rasa original (vanilla) dan cokelat, kemasan kaleng dengan berat 370 gram.

Susu kental manis Frisian Flag diproduksi dan dijual oleh PT Frisian Flag Indonesia ("Frisian Flag").Dalamwebsitenya,FrisianFlagmenyatakandirisebagaiprodusenproduk-produk nutrisi berbasis susu untuk anak-anak di Indonesia dengan merek Frisian Flag, yang juga dikenal sebagai Susu Bendera. Frisian Flag menaungi kurang lebih 6.869 karyawan di seluruh penjuru Indonesia dan mengoperasikan fasilitas produksi di Pasar Rebo dan Ciracas, Jakarta Timur, dengan berbagai portofolio produk seperti susu cair, susu bubuk, dan susu kental manis dengan merek Frisian Flag, Omela dan Friso. Berdasarkan data yang dilansir oleh Nielsen, Frisian Flag mengusai separuh pangsa pasar susu kental manis di Indonesia.

Dalam memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berbasis susu, PT Frisian Flag Indonesia menyatakan telah mengikuti standar nasional dan internasional. Seluruh proses supplychaindiawasiolehHAACP(HazardousAnalysisCriticalControlPoint)dansistemISO 9001: 2000 dan sistem ISO 14000.

Penjualan produk susu kental manis sempat menuai berbagai kontroversi karena masih dipromosikan melalui berbagai media dengan menggunakan anak-anak dan diiklankan sebagai susu untuk anak-anak. Produkinipadakenyataannyajauhlebihtinggikandungan gulanya dari pada kandungan susunya, namun dipromosikan seolah-olah dijadikan minumansehatbagikeluarga. Namun,BadanPengawasObatdanMakanan(BPOM)telah mengeluarkan pernyataan bahwa produk susu kental manis aman dikonsumsi, termasuk untukanak-anak. HalinisesuaidenganPeraturanKepalaBPOMNomor21Tahun2016 tentangKategoriPanganyangmenyebutkanbahwasusukentalmanistermasukproduksusu. Susu kental manis Frisian Flag mengantongi izin BPOM dengan nomor registrasi MD

501809015172 yang berlaku sampai dengan tahun 2020.

Suatu sore di bulan Maret 2018, sehabis kuliah Milea mampir seorang diri di Restoran Sweet n' Fresh. Milea memesan roti bakar keju dan Es Alpukat. Milea menghabiskan roti bajar keju (yangmenggunakancampuransusukentalmanisFrisianFlagorisinal)danmenyisakansedikit Es Alpukat (yang menggunakan susu kental manis Frisian Flag cokelat) karena sudah terlalu kenyang.

Menjelangtengahmalam,Mileaterbangunkarenaperutnyamerasamulesdannyeriyang teramat sangat di perut. Tidak lama kemudian ia muntah-muntah tak kunjung henti, sampai badannya sangat lemas. Suhu badannya sangat tinggi dan hampir jatuh pingsan. Milea mengalami asidosis (kondisi ketika kadar asam dalam tubuh sangat tinggi). Keluarga Milea kemudian melarikannya ke rumah sakit terdekat. Milea dinyatakan mengalami keracunan makanandankarenakondisinyayanglemahiaharusdirawatdirumahsakitselamaseminggu.

2(dua)harikemudian,beredarkabardimediacetakdanelektronikbahwasusukentalmanis Frisian Flag yang diproduksi dalam kwartal terakhir 2017 terkontaminasi bakteri dan harus ditarik dari peredaran.

Keluarga Milea ingin menggugat.

Menurut pendapat Anda, siapakah yang bertanggungjawab?

Identifikasi dan Analisa aspek hukum business liabilitydalam peristiwa tersebut!

Step by Step Solution

There are 3 Steps involved in it

Step: 1

blur-text-image

Get Instant Access with AI-Powered Solutions

See step-by-step solutions with expert insights and AI powered tools for academic success

Step: 2

blur-text-image

Step: 3

blur-text-image

Ace Your Homework with AI

Get the answers you need in no time with our AI-driven, step-by-step assistance

Get Started

Recommended Textbook for

Statistics The Exploration & Analysis Of Data

Authors: Roxy Peck, Jay L. Devore

7th Edition

9780840058010

Students also viewed these Law questions