Answered step by step
Verified Expert Solution
Link Copied!

Question

1 Approved Answer

Bisnis Fintech Tumbuh Pesat Data AFTech juga menyajikan perkembangan bisnis pembayaran digital yang menunjukkan tren yang cukup menjanjikan. Sepanjang Februari-Desember 2018, fintech pembayaran (digital payment)

Bisnis Fintech Tumbuh Pesat

Data AFTech juga menyajikan perkembangan bisnis pembayaran digital yang menunjukkan tren yang cukup menjanjikan. Sepanjang Februari-Desember 2018, fintech pembayaran (digital payment) mencatat total transaksi mencapai Rp47 triliun. Secara volume, pembayaran digital tercatat mencapai Rp2,9 miliar transaksi. Begitu juga dengan e-money yang mengalami peningkatan volume sebesar 48% dan transaksi sebesar 78% dengan total e-money installment, sebesar Rp167 juta. Adanya fintech bisa menjadi berkah bagi bangsa ini. Di sektor UMKM saja, masalah akses pembiyaaan menjadi lebih mudah lagi. Misalnya, bagi pengrajin skala UMKM di Pulau Morotai, mereka tidak perlu datang ke kota kabupaten untuk bisa memperoleh pendanaan. Cukup dengan isi aplikasi, penuhi persyaratannya, dana pun bisa segera diperoleh. Tidak dipungkiri, perkembangan fintech yang sangat pesat tetap dibutuhkan pengawasan yang ketat dari OJK. Sebagai jasa yang baru tumbuh, banyak pelaku yang menyalahgunakannya untuk mencari keuntungan sesaat, bahkan juga cara-cara yang tidak sesuai dengan etika bisnis. Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi OJK belum lama ini kembali menemukan 144 entitas yang melakukan kegiatan usaha peer to peer lending namun tidak terdaftar atau memiliki izin usaha dari OJK. "Jumlah fintech lending ilegal yang beredar masih banyak. Kami mohon masyarakat tetap waspada dan berhati-hati sebelum memilih perusahaan fintech lending.

Sumber : Portal Informasi Indonesia, 2019

Pertanyaan: Berdasarkan artikel di atas, Anda diminta untuk menganalisis bagaimana perkembangan fintech dan e-money di Indonesia serta analisislah kebijakan moneter apa yang harus digunakan untuk menekan perkembangan fintech ilegal yang semakin pesat!

Step by Step Solution

There are 3 Steps involved in it

Step: 1

blur-text-image

Get Instant Access with AI-Powered Solutions

See step-by-step solutions with expert insights and AI powered tools for academic success

Step: 2

blur-text-image

Step: 3

blur-text-image

Ace Your Homework with AI

Get the answers you need in no time with our AI-driven, step-by-step assistance

Get Started

Recommended Textbook for

Income Tax Fundamentals 2013

Authors: Gerald E. Whittenburg, Martha Altus Buller, Steven L Gill

31st Edition

1111972516, 978-1285586618, 1285586611, 978-1285613109, 978-1111972516

Students also viewed these Economics questions

Question

Write down the reaction of water with sodium metal.

Answered: 1 week ago

Question

What is an (a) overfit model? (b) underfit model?

Answered: 1 week ago